Rabu, 04 September 2019

Waspada Baby Blues Syndrom & Post Partum Depression

Gw pernah baca tulisan mengenai penyakit mental, dan ternyata penyakit mental itu amat sangat berbahaya, karena terkadang orang yang mengalami gak selalu paham bahwa mereka sedang bermasalah dengan mental mereka, malah mereka gak tau kalo mereka sedang dalam lingkaran itu. Contoh yang sering terjadi dari mental illness adalah depresi, tau donk ya depresi itu apa, karena setiap dari kita pernah kok merasakan yang namanya deprsesi, tapi gw akan membuat 1 pikiran tentang depresi yang gw kutip dari wikipedia, depresi adalah suatu kondisi medis berupa perasaan sedih yang berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, dan kesehatan mental seseorang. Penyebabnya banyak banget lah, permasalah hidup semua bisa jadi pemicu depresi, tapi gw pengen membahas sebuah penyakit mental, yang gw sendiri juga pernah mengalami.

kenapa gw tiba-tiba pengen bikin tulisan ini, karena gw tadi sebelum berangkat kantor, nonton berita di TV tentang seorang Ibu yang membunuh anak bayinya yang berumur 3 bulan, si ibu bilang kalo ada bisikin gaib untuk membunuh anaknya dan bisikan itu bilang bahwa si Ibu belum pantas untuk merawat anak itu dan bunuh aja anaknya, nanti anak itu akan bahagia di surga. Nah pas denger itu pikiran gw langsung tertuju kepada baby blues syndrom & post partum depression, karena dulu gw sempet baca-baca tentang keadaan ini, terlebih saat gw lagi hamil, jadi gw sedikit tau tentang penyakit mental ini.

Sebenernya  baby blues syndrom itu normal terjadi untuk ibu yang baru melahirkan, ada yang mengalami, dan ada juga yang gak mengalami, selain dipicu oleh faktor-faktor yang sifatnya kejiwaan, perubahan hormon juga mempengaruhi kestabilan emosi. Selama hamil hormon (estrogen dan progresteron) akan mengalami peningkatan. Hormon-hormon ini akan menurun tajam dalam tempo 72 jam setelah melahirkan. So Bisa dibayangkan apa yang terjadi kalau kondisi hormon yang sudah stabil selama 9 bulan mendadak berubah drastis, bahkan bukan cuma melahirkan anak pertama, bisa juga kelahiran anak kesekian..
Baby blues syndrom, adalah gangguan emosi ringan terjadi dalam kurun waktu 2 minggu setelah ibu melahirkan. Ada pula yang menyebutnya dengan istilah lain seperti maternity blues atau post partum blues. Sesuai dengan istilahnya – blues – yang berarti keadaan tertekan, sindroma ini ditandai dengan gejala-gejala gangguan emosi seperti sering menangis atau mudah bersikap berang.

Tapi,,,banyak juga orang-orang yang menyepelekan hal ini, cuma karena istilah jaman dulu gak begitu, jaman dulu nenek kamu anaknya banyak gak begitu, atau membandingkan dengan pengalaman hidup orang lain, padahal kalo didiemkan  baby blues syndrom itu bisa berbahaya gaes, karena normalnya  baby blues syndrom itu sebentar 14 harian, tapi ada juga yang bs sampe lama dan kemungkinan terbesar menjadi depresi pasca persalinan atau post partum depression (PPD). Nah menurut gw, si ibu yang ada di berita itu, udah bukan lagi  baby blues syndrom tapi sudah mengarah ke post partum depression, berbeda dengan ketika mengalami  baby blues syndrom, Ibu penderita PPD biasanya dilanda rasa putus asa yang sangat berat. Seringkali mereka merasa ingin bunuh diri atau mencelakai bayinya.

Well gw akan sedikit cerita tentang pengalaman gw pasca melahirkan ya..tapi alhamdullilah gw hanya  baby blues syndrom aja, tapi pasca melahirkan itu emank perlu banget support dari suami dan keluarga terdekat, jadi dulu gw ngerasanya malah jadi sedih terus, bawaannya pengen nangis terus, ngeliat bayi gw tuh kayanya sedih banget, kaya  ngerasa bersalah karena gak bs bikin bayi gw bahagia, padahal kalo dipiki-pikir ya namanya bayi pasti nangis terus ya kan, tapi dipikiran gw saat itu tuh bayi itu nangis karena dia gak bahagia, wkwkw asli sih, emank lebay banget.😆


Seumur hidup, baru kali ini ngerasain yang namanya vertigo, jadi saking gw sedihnya, kepala gw sampe sakit, dan gw ngerasain vertigo, yang mana pusing kebangetan, mata dimeremin aja masih muter-muter gaes, dan itu rasanya sakitt banget, , tapi itu semua gak lama sih, karena suami gw amat sangat mengerti istrinya yang seada-adanya ini dan selalu sabar dengan keanehan istrinya. 😁
gw juga ngalamin namanya gak nafsu makan, bener-bener gak nafsu, kayanya yang ada di otak gw, gw cuma pengen tidur, gw gak butuh makan, dan gw sama sekali gak percaya anak gw dipegang siapa-siapa, pikiran gw tuh takut anak gw celaka kalo dipegang orang lain..hahah jadi gw bersikeras pengen apa-apa sendiri dan itu yang bikin gw merasa amat sangat lelah, bahkan mau ninggalin anak tidur aja gw sampe gak bs tidur nyenyak, padahal anak gw sama neneknya dan hal yg paling bikin stress juga adalah mitos-mitos orang-orang jaman dulu, begini salah begitu salah, karena itu menjadi ibu baru juga harus pinter-pinter baca dan ikuti perkembangan jaman, Alhamdullilah tempat Rumah sakit Aluna lahiran,  bener-bener ngebantu ibu-ibu baru macem gw gini utk di edukasi, kadang gw bodo amat deh kalo yg terlalu mitos, malah bikin gw puyeng.

Semua gak lagi sama, iyepp bener banget deh, gw yg tipe jaman single petakilan, hidup suka-suka jidat gw aja, mau ngemol tiap weekend juga gak masalah, mau kemana aja bebas, dan setelah punya baby semua bener-bener berubah, hal sepele untuk mandi lama aja udah gak bisa.berat?bisa jadi. Lelah?sudah tentu 😓
Jaman single gw ngeliat anak kecil aja gak tertarik buat maen bareng, intinya gw bukan tipe cewek yang keibuan, jauh dari itu, liat pup keponakan aja udah heboh minta ampun, dan sekarang gw punya baby yang selalu bersama-sama, semua gw jalanin, gw pelajari untuk bisa ngurus anak sendiri, dan seumur-umur baru ini rasanya hidup gw berharga, menjadi orang yg bener2 dibutuhin oleh seseorang,hahaha... 💗 So perubahan-perubahan rutinitas juga menjadi  salah satu  yang bisa memicu terjadinya baby blues syndrom kalo kita gak bisa mengatasi itu dengan baik.

Jadi intinya, kenapa gw bisa lewatin itu semua, karena support peran suami dan keluarga saat itu, kita yang tau diri kita, jadi kalo udah ngerasain hal-hal yang bikin kita stress berat, coba lakuin hal yang membuat kita bahagia, gw denger musik tiap pagi hari bisa bikin mood booster, atau makan sesuatu yang bikin kita bahagia, kalo punya uang lebih bisa belanja barang yang kita suka atau jalan-jalan ketempat yang kita idamkan dan jangan lupa selalu berdoa dan berbagi rasa/masalah dengan orang yang tepat, gak dipendam sendiri juga bisa untuk mengurangi rasa tertekan menghadapi masalah kita.
so gaes jangan liat orang dari fisiknya, mungkin keliatannya secara fisik baik-baik aja, tapi padahal mentalnya gak sekuat fisiknya. 💓

Sharing is Caring 😍














Tidak ada komentar:

Posting Komentar