Selasa, 02 Januari 2018

Traveling with Baby (Singapore)

Traveling sama baby itu pengalaman baru banget buat gw dan suami repot?udah pasti, capek?jangan ditanya, belom lagi bete-betean dan ribut-ribut kecil sama suami karena miskom.hahaha.. TAPI itu serunyaa..melatih kesabaran & kekompakan pastinya, semua dijalanin dengan Happy 💓

Seneng aja ya, bener-bener punya quality time sama anak, setiap hari kerja ketemu anak cuma malem / weekend, nah..pas liburan ngurusin sendiri tiap waktu. Ribet rempongnya dibagi dua sama suami, tanpa ada yang bantuin. Punya kebanggaan tersendiri bisa ngurus anak berdua saat traveling. Aluna juga terbilang pinter bgt, gak rewel, paling kalo ngantuk/laper aja, itupun rewel biasa aja,  terus mau makan banyak. Aluna emank kaya bundanya deh, seneng banget kalo diajak jalan-jalan 😃

Awalnya, gw sama suami pengen ke Singapore gak ngajak Aluna, pengen berdua aja tapi mendekati tanggal keberangkatan kok jadi gak tega ninggalin Aluna 4 Hari..akhirnya 2 Minggu sebelum berangkat Aluna baru buat Paspport dan beli tiket  👪





Flight dari Jakarta jam 09.30 maskapai Garuda, jadi kita di T3 Soetta, sampe di Singapore jam 12.30 karena perbedaan waktu 1 jam dengan Jakarta. Sampai di Bandara Changi lanjut ke skytrain menuju kedatangan T3 dan disana udah ditunggu sama Tante Betty, temen nyokap yang udah 40 tahun tinggal disana dan udah jadi Warga Negara Singapore, gw ketemu tante Betty karena ada titipan Buku dari nyokap untuk tante Betty. 
Karena emank udah siang, perut udah laper banget, tante Betty ngajak makan di Bandara, fyi makan di foodcourt T3 Changi lantai B1, itu murah dan enak banget.. 💕💕💕
di foodcourt itu bener-bener dibedain makanan Halal / Non Halal, paling gampang kalo di Singapore cari tempat makan, cari aja yang ada Logo Halal, udah pasti halal. 
Piring di foodcourt itu juga dibedain, warna Hijau untuk Halal, warna putih untuk Non Halal, rak piring juga dibedai..TOP lah. 👍👍👍👍
Gw makan Nasi Hainan Ayam itu harganya cuma $4-7, minum gak sampe $1, so worth it banget, info dari tante Betty food court ini sering dikunjungi orang local yang bahkan bukan dengan tujuan untuk terbang..👍


Karena saat itu gw bawa 1 koper besar, 1 stroller dan 1 tas gemblok yang besar,  akhirnya memutuskan ke hotel naek Grab Car aja. Dari Bandara ke Hotel Bencoolen tempat kita nginep sekitar $20. 
Oia..tantangan bawa baby saat traveling itu yang penting sabar dan gak "ngoyo" dan harus bisa ikutin mood baby dan semua perlengkapan baby terpenuhi, gw tipe orang yang detail banget, karena prinsip gw kalo traveling  harus lengkap, jadi gak perlu ribet-ribet dan cari-cari sesuatu untuk melengkapi kebutuhan saat udah tiba, karena belum tentu ada kan, apalagi kalo ke LN.

TIPS traveling dengan Baby :

1. Pesawat
Saat beli tiket pesawat pastikan jangan terlalu pagi atau terlalu Sore, paling bagus sih pas jam tidurnya baby, karena sebelumnya waktu Aluna umur 4 bulan sudah pernah berpergian dengan pesawat, jadi gw stay cool aja sih, gak terlalu khawatir dan gw kalo traveling paling suka flight di range waktu 10.00 - 13.00 jadi sampe ketempat tujuan gak kesorean dan gak terlalu jauh dari waktu check in hotel.
Oia sebelum flight pastiin kondisi baby lagi fit, jangan pas lagi Flu, karena bikin memperparah rasa sakit di kuping baby saat mulai adanya perbedaan tekanan udara saat landing / take off, tapi kalo emank pas mau pergi lagi flu, dari yang pernah gw baca, kalo baby masih direct breastfeeding yang susuin aja terus, karena dengan menelan bisa meringankan.

2. Hotel
Kenapa gw pilih Hotel Bencoolen, prinsipnya gw tidak mau hotel yang jauh dari MRT, karena gw akan menggunakan MRT sebagai moda transport utama saat di SG. Menentukan hotel juga gak mudah, baca review A-Z dan pastinya yang baby friendly dan menurut gw Hotel Bencoolen tepat banget, dari sisi harga juga gak mahal-mahal amat, kamar deluxe cukup luas, karena kalo di SG kamar hotel rata-rata kecil bener deh, meskipun disini fasilitas ya standart, bukan yang mewah,  tapi cukuplah untuk family with baby. Jarak ke stasiun MRT tinggal nyebrang, keluar stasiun MRT udah keliatan itu Hotel dan halte bus juga tinggal nyebrang, deket hotel ada starbucks dan sevel dan disana ada Pak Cik yang baik hati dan fasih bahasa Indonesia, kayanya sih Pak Cik orang Indonesia,hihih..oia sarapanya disana juga halal.

3. Stroller dan Baby carrier. 
Stroller aluna sebenernya cabin size, tetep aja sih gak boleh masuk, hanya sampai di pintu masuk pesawat, tapi tenang aja setelah sampai di SG, keluar pintu pesawat udah langsung ada itu stroller 😗 tapi pas balik ke Indo, kirain keluar pintu pesawat udah ada itu stroller, tapi ternyata stroller masuk bagasi khusus dan lumayan jalannya jauh untuk ambil, kenapa gak kaya pas di SG sih, mamak repot jadinya 😕 karena itu perlunya baby carrier.
Di SG memang friendly banget sama stroller, karena disetiap jalannya dibuat jalan untuk disablitas, jadi stoller juga bisa lewat, semua jalan besar aman untuk stroller, jadi enak aja jalan-jalan sambil dorong-dorong Aluna. 
Tapi meskipun stroller aman disana dan gw tetep bawa baby carrier, karena terkadang mood bayi itu berbah-ubah, ya samalah dengan kita.hihihi..dan ada hal-hal yang gak bisa pake stroller, kita punya cadangan untuk gendong baby, jadi perlu banget baby carrier, gak sia-sia beli baby carrier I-angel, keliling SG pinggang tetep On, harga emank gak bohong.. hahhaha.. gw sih gak niat gendong Aluna pake kain, bisa encok pinggang  😂 Jadi pastiin aja bawa perlengkapan gendong menggendong yang paling nyaman ya pemirsa, karena di SG itu wisata jalan kaki 😊

link review gendongan baby :
review gendongan baby 


4. Makanan baby
Karena Aluna masih 8 bulan dan belum bisa makan makanan Ayah Bundanya, jadi gw sudah siapkan makanan instans dari Jakarta, bahkan gw bawa lengkap tempat makan Aluna juga, saran gw sih gak usah bawa piring / mangkok, jadi bawa aja tempat makan yang kecil yang ada tutup klep kaya (tupperware,dll), karena kalo udah selesai makan kita tinggal tutup, gak perlu bersihin, nanti saat sampai hotel, baru deh di cuci bersih, oia jangan lupa rantang baby yang diisi makanan (supaya gak perlu bawa kerdus makanannya) dan gelas minum plus air mineral khusus baby, air minum biasakan jangan dicampur sama ayah bundanya.  Jangan lupa bawa spons dan sabun khusus bersihin perlengkapan baby di hotel (Dot, tempat makan, sendok, dll)





Kalo lagi traveling gak apa-apa kok baby dikasih makan instans, toh makanan instant yang biasa beli di supermarket memang makanan baby yang aman dan banyak nutrisi, dari pada harus repot masak dan bawa perlengkapan yang bejibun, malah bikin traveling gak happy dan yang penting pastiin Baby harus makan & banyak minum, supaya baby juga fit. Oia jangan lupa selalu jaga kebersihan saat makan, pastiin ya tangan harus bersih, kalo gak ketemu sabun & air, jangan lupa gunakan hand sanitizer 👐


5. Perlengkapan Mandi 
Bawa aja sabun yang head to toe, jadi gak repot 1 sabun bisa buat semuanya dan kalo gw sih bawa tempat duduk mandi Aluna yang portable, jadi saat mandi gw gak repot, tinggal dudukin aja, karena kasian amat kalo harus mandi di wastafel, secara kayanya wastafel juga udah gak muat sama Aluna. 😄

6. Obat-obatan
sebenernya kalo obat-obatan gw cuma bawa paracetamol, karena kadang baby kalo terlalu banyak stimulus atau mungkin terlalu happy suka demam tiba-tiba, jadi wajib banget hukumnya bawa paracetamol khusus baby, untuk obat yang lain gak ada sih gw, tapi gw bawa essential oil Young Living, cara pakainya bisa googling yak, karena gak akan gw bahas panjang lebar disini, saat itu gw bawa Lavender (untuk baby supaya gak cranky pas tidur dan kalo badannya gatel),  Peppermint (kali aja baby masuk angin) , Myrtle (untuk baby kalo udah mulai bersin mau pilek/batuk, langsung oles-oles) dan gw bawa R.C (kalo ini untuk ayah Bundanya kalo udah mulai mau pilek/batuk).



The last but not least saran gw kalo jalan-jalan sama baby, karena kita gak bisa ngoyo harus cepet-cepet pindah kesatu tempat ketempat lainnya, jadi kalo di rundown yang kita buat misalkan 4 hari, berarti tambahin 1 hari lagi, jadi baby gak kecapean dan kita juga relax & happy.


Itinerary ke SG bakal gw kulik di blog terpisah yaa..supaya gak kepanjangan 😀😀😀💋💋💋





Dari sekian banyak foto di kamera, cuma ini rasanya ada foto bertiga  karena si suami sibuk fotoin istrinya yg narsis bersama anaknya.
#AlunaGoesToSingapore











Tidak ada komentar:

Posting Komentar